Langkah Mudah Cara Isi Ulang Tinta Printer HP

Cara Isi Ulang Tinta Printer HP - Printer dengan merek HP memang dikenal sebagai alat cetak dengan kualitas oke. Di pasaran ada berbagai seri printer HP dengan harga yang cukup terjangkau. Printer HP Deskjet 2060 K110, Laserjet P1102 dan DeskJet 1050 adalah tiga seri terbaru dengan harga di bawah Rp.1 juta. Printer HP mampu memberikan kualitas cetakan yang prima jika menggunakan cartridge asli. Namun masalahnya harga cartridge ini cukup mahal mencapai Rp.100 ribu untuk tinta warna hitam. Untuk cartridge HP warna tentu lebih mahal lagi.

Cara Isi Ulang Tinta Printer HP,cara isi tinta,printer hp 1010,cara mengisi tinta,cara isi ulang,printer hp,deskjet 1510,deskjet 2135,printer hp 2135,cartridge hp,tinta refill,tinta printer,
Baca juga : Mudahnya Cara Isi Ulang Modem Bolt

Bila ingin lebih mengirit maka pengguna bisa melakukan isi ulang cartridge menggunakan tinta suntik. Banyak toko komputer yang menjual tinta refill dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp.25 ribu untuk semua warna (hitam, merah, biru dan kuning). Cara isi ulang tinta printer HP pun cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pengguna sendiri di rumah. Namun begitu, sedikit pengetahuan cara isi ulang tinta printer HP harus diketahui terlebih dulu agar tak terjadi masalah saat digunakan untuk mencetak.

Cara isi ulang tinta printer HP sebelumnya disiapkan dulu alat-alatnya sebagai berikut : refill tinta suntik, beberapa lembar tissu, bila cartridge masih baru dan belum pernah dilakukan refill maka dibutuhkan solder listrik untuk memperbesar lubang cartridge, gunakan air panas bila cartridge sudah lama tak digunakan dan kering.

Cek bahwa Printer dalam kondisi off dan kabel tercabut dari colokan listrik. Jika perlu copot kabel power dari badan printer. Ambil cartridge dari printer dengan hati-hati. Buka label yang menutupi lubang tinta cartridge. Bila lubang tinta tak cukup longgar untuk masuknya jarum suntik maka dapat diperbesar memakai solder listrik. Namun harus hati-hati ketika melonggarkan lubang jangan sampai terlalu dalam sehingga merusak spon penampung tinta. Siapkan tinta refill, kemudian suntikkan dengan perlahan sedikit demi sedikit. Upayakan mengisinya tiak sampai penuh apalagi hingga meluber sebab bila terkena cirkuit cartridge maka bisa merusakknya.

Tinta warna hitam bisa diisi sekitar 3-5 ml saja, sementara tinta warna kurang dari itu untuk masing-masing warna. Catridge warna memiliki 3 lubang warna, jangan menyuntikkan ke lubang yang salah. Setelah terisi tinta isi ulang, tutup kembali lubang tinta menggunakan stiker bawaan dan perkuat dengan selotip. Bersihkan badan cartridge dan tidak boleh ada bekas lelehan tinta di konektornya. Bersihkan pula area head bila tinta keluar dan cek bahwa cartridge bersih sebagaimana sebelum diisi. Pasang lagi cartridge ke printer HP dan lakukan ujicoba untuk mencetaknya. Bila hasil kurang bagus, coba bersihkan kembali bagian head tempat keluarnya tinta menggunakan kertas tisu.