Ketahui Cara Isi Ulang Tinta Printer yang Benar

Cara Isi Ulang Tinta Printer - Kita tahu bahwa printer termasuk perangkat vital sehari-hari. Alat yang satu ini berfungsi mencetak teks dan gambar baik di media kertas atau yang lainnya. Di pasaran beredar beberapa jenis printer seperti Ink Jet, Laserjet, dan Dot Matrix. Anda pun mungkin memiliki printer untuk menunjang pekerjaan kantor atau kuliah. Sebagai pengguna semestinya kita paham cara isi ulang tinta printer secara benar. kesalahan dalam mengisi ulang printer bisa saja mengakibatkan printer bermasalah dan bahkan rusak.

Cara Isi Ulang Tinta Printer,cara mengisi,tinta printer infus,printer canon,tinta printer hp,tinta printer,canon mp237,canon mg2570,tinta hitam,canon ip2770,canon e400,canon ip2870,cara isi ulang,
Baca juga : Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1510

Kecermatan harus dimiliki jika kita akan mengisi ulang memakai tinta refill yang banyak dijual. Belilah tinta refill printer yang berkualitas sehingga tak akan merusak cartridge sekaligus memberikan hasil cetakan yang baik. Kemudian ikuti cara isi ulang tinta printer yang benar berikut ini. Sebelumnya siapkan dulu tinta refill, jarum untuk membuat lubang di cartridge dan tisu atau kain lap untuk membersihkan sisa tinta.

Langkah pertama, nyalakan printer lalu tunggu sampai lampu indikator tak lagi berkedip-kedip. Buka casing untuk mengambil cartridge dengan cara sedikit menekannya ke bawah. Buka label yang menutupi lubang tinya cartridge. Untuk cartridge berwarna ada 3 lubang untuk warna merah, kuning dan biru. Sementara cartridge hitam hanya ada satu lubang saja. Ambil jarum untuk melubangi cartridge, gunakan jarum dengan ukuran tak terlalu besar. Berikutnya suntikkan tinta pelan-pelan agar tak tumpah yang dapat mengakibatkan cartridge rusak. Untuk tinta warna cukup 1-2 ml saja per warna sementara tinta hitam antara 3-5 ml. Seka sisa tinta yang tercecer di mulut lubang menggunakan kertas tisu. Tutup kembali lubang tinta menggunakan label tadi dan perkuat dengan menambahkan isolasi atau lakban.

Cartridge lalu dipasang kembali ke slotnya dengan cara sedikit menekannya ke atas. Tutup casing printer dan tunggu sampai cartridge mulai berfungsi. Biasanya komputer yang terhubung ke printer akan memberitahukan jika tinta cartridge kosong, biarkan saja sebentar. Lakukan reset agar printer dapat berfungsi normal. Lakukan tes dengan mencobanya untuk mencetak, bila warna yang dikeluarkan sudah sesuai itu artinya pengisian ulang tinta printer berhasil. Bila sebaliknya, coba buka kembali cartridge dan seka bagian keluarnya tinta menggunakan kertas tisu lalu coba kembali.

Agar printer bisa berfungsi dengan semestinya maka gunakan printer setiap hari, setidaknya untuk mencetak selembar kertas. Tujuannya agar cartridge selalu berfungsi dan tinta tidak mengering. Bila tak digunakan, matikan printer dengan menekan tombol off namun jangan mencabut kabelnya dari stop kontak. Keesokan harinya, nyalakan printer dengan menekan tombol On dan gunakan untuk mencetak setidaknya untuk selembar kertas.