Seputar Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1510

Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1510 - HP Deskjet 1510 adalah MFP (Multi Function Printer) inkjet yang memiliki kemampuan scanner 1,200x1,200 dpi. Ketika pengguna mengatur printer untuk pertama kalinya dan setiap kali mengubah salah satu cartridge maka akan diminta mencetak lembar penyesuaian print head. Deskjet 1510 menggunakan dua cartridge tinta berbasis dye yaitu warna hitam. Idealnya pengguna harus mengganti cartridge jika salah satu tinta warna habis. Ini tentu boros, agar lebih hemat maka anda harus tahu cara isi ulang tinta printer HP Deskjet 1510 menggunakan tinta suntik isi ulang.
Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1510,cara mengisi,tinta printer hp,eskjet 1515,cara isi ulang,cartridge hp,printer hp,deskjet 1010,tinta warna,cara mengganti,deskjet 2135,cara reset printer,
Baca juga : Cara Isi Ulang Voucher Simpati

HP Deskjet 1510 memiliki kualitas pencetakan yang sangat baik. Kualitas cetak teks hitamnya adalah yang terbaik diantara berbagai merek printer sekelasnya. Untuk menjaga kualitas cetak selalu baik maka penggunaan cartridge original sangat dianjurkan. Cara mengganti cartridge printer HP Deskjet 1510 pun cukup mudah sebagaimana langkah-langkahnya berikut ini :

  • Tekan tombol Power untuk menghidupkan printer, pastikan kabel power sudah tercolok ke stop kontak.
  • Masukkan kertas putih polos ke dalam baki masukan.
  • Buka panel penutup bagian depan sehingga  cartridge bergerak ke tengah. Tunggu sampai printer berhenti sebelum melanjutkan.
  • Tekan sedikit cartridge untuk melepaskannya, lalu tarik cartridge keluar dari slotnya.
  • Keluarkan cartridge baru dari kemasannya, lalu tarik tab oranye untuk melepaskan pita plastik.
  • Jangan sentuh kontak berwarna tembaga atau saluran tinta. Menyentuh bagian ini akan menimbulkan kemacetan, kesalahan tinta, dan sambungan listrik.
  • Pegang cartridge pada sisinya dengan nozel ke arah printer kemudian masukkan cartridge ke dalam slotnya. Pastikan bahwa cartridge dimasukkan pada slot yang benar. Cartridge tri-warna di slot di sebelah kiri dan cartridge hitam di slot di sebelah kanan.
  • Dorong cartridge ke depan ke slotnya sampai masuk ke tempatnya.
  • Ulangi langkah tadi untuk mengganti cartridge lainnya, jika memang perlu diganti.
  • Tutup panel penutup kartrid.
  • Ikuti petunjuk pada layar. Tunggu sekitar 30 detik untuk mencetak halaman penyelarasan print head. Printer akan mencetak halaman alignment otomatis hanya bila cartridge baru telah terpasang.

Sementara cara isi ulang tinta printer HP Deskjet 1510 menggunakan tinta suntik isi ulang adalah sebagai berikut. Ambil cartridge yang tintanya habis dari slotnya. Di bagian cartridge ada kertas label penutup lubang tinta. Buka label tersebut. Siapkan tinta suntik isi ulang, lalu injeksikan tinta isi ulang ke lubangnya sesuai dengan warna, jangan sampai salah memasukkan. Lakukan untuk warna lain yang juga habis. Seka tetesan tinta di mulut lubang menggunakan kertas tisu bersih.

Untuk tinta warna, isikan sekitar 1 - 2 ml saja jangan sampai berlebih hingga meluber keluar. Sementara untuk tinta hitam isikan sekitar 3 - 5 ml. Rekatkan kembali kerta label penutup untuk menutup lubang tinta, perkuat dengan selotip bila diperlukan. Tempatkan kembali cartridge ke slotnya sebagaimana langkah mengganti cartridge di atas. Setelah dihidupkan, printer akan melakukan tes pencetakan untuk penyelarasan posisi printer head.