Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1010, Step by Step

Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1010 - Printer merek HP seri Deskjet 1010 adalah pilihan murah untuk keperluan rumahan. Kehandalannya dalam mencetak tak perlu diragukan lagi dan yang menarik harganya sangat terjangkau yaitu hanya Rp.400 ribuan untuk unit baru. Untuk pemakaian setiap hari di rumah, HP Deskjet 1010 cukup bisa diandalkan. Yang juga menjadi kelebihan printer yang satu ini adalah kemudahan saat pengguna melakukan isi ulang tinta ke cartridge. Bagi yang baru pertama kali, cara isi ulang tinta printer HP Deskjet 1010 cukup ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
Cara Isi Ulang Tinta Printer HP Deskjet 1010,cara isi ulang,tinta warna,printer hp,deskjet 1010,harga cartridge,cartridge hp 802,kelebihan dan kekurangan,cara mengisi,tinta printer,deskjet 1510,
Baca juga : Cara Isi Ulang BOLT Via KlikBCA

- Pertama nyalakan unit printernya lebih dahulu. Siapkan juga tinta yang sesuai dengan printer HP Deskjet 1010 serta beberapa helai kertas tisu.

- Dilanjut dengan membuka penutup di bagian depan (out put tray) sekaligus penutup cartridge. Begitu cartridge berhenti di posisi tengah, lepaskan cartridge dari tempatnya. Saat melepas cartridge, jangan sampai tangan menyentuh konektor cartridge yaitu bagian dengan tembaga berwarna keemasan. Sebab akan bisa merusakkan unit cartridge dan harus diganti dengan yang baru.

- Selanjutnya lepaskan sedikit demi sedikit penutup sticker yang melekat di sisi atas cartridge hingga terlihat lubang kecil untuk memasukkan tinta. Terlihat ada 5 lubang dimana lubang bagian tengah memiliki diameter paling besar. Di samping kiri kanan lubang besar tadi terdapat masing-masing 2 lubang lain yang lebih kecil sebagai lubang pernapasan.

- Injeksikan tinta yang sudah disiapkan di dalam jarum suntik sebanyak 5 ml. Posisikan sedekat mungkin ke lubang agar tak meluber kemana-mana. Sesudah terisi dengan tinta isi ulang, seka bekas luberan tinta menggunakan kertas tisu. Lekatkan kembali penutup sticker ke posisinya semula dimana kelima lubang tertutup dengan baik.

- Tempatkan lagi cartridge ke slotnya. Sekali lagi jangan menyentuh area konektor cartridge dan area bawah cartridge yaitu bagian pencetak.

- Sesudah cartridge dipasang dengan betul, tutupkan kembali cover cartridge dan koneksikan printer ke PC.

- Di layar komputer klik pada menu printer and faxes, selanjutnya klik kanan icon printer “HP Deskjet 1000 J110 series”. Berikut klik tombol “Properties” sehingga keluar dialog box HP Deskjet 1000 J110 series Properties. Klik tombol “Print Test Page” untuk mengecek dan memastikan printer sudah berfungsi dengan semestinya. Kalau hasil print terlihat bagus itu artinya anda sukses mengisi ulang tinta printer.

Printer HP Deskjet 1010 memiliki kemampuan mencetak tinta hitam hingga 20 lembar per menit atau cetak berwarna sebanyak 16 lembar per menit. Printer ini pun dapat digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi  4800x1200 piksel. Memiliki 2 macam cartridge yaitu untuk tinta hitam dan satunya cartridge untuk tinta berwarna (cyan, magenta, yellow). Dengan ukuran kecil dan berat hanya sekitar 3 kg maka printer HP Deskjet 1010 cukup kompak untuk ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan.